Untuk Kamu yang Hobi Belanja: Ini 7 Tips agar Bisa Tetap Hemat

Posted on


Mengelola keuangan tentunya gak sebatas menyisihkan uang untuk ditabung dan berinvestasi. Urusan Agar duit bisa digunakan lebih bermanfaat, kamu juga juga harus menjadi pembelanja yang pintar. Karena sesungguhnya terdapat seni dibalik menghabiskan uang, ada beberapa tips yang harus kamu ketahui.

1. Kenali dirimu sendiri di saat sedang lapar mata.

Kita pasti udah gak asing lagi dengan istilah lapar mata. Istilah ni kerap didefinisikan sebagai dorongan kuat untuk memiliki sesuatu yang tertangkap oleh mata kita. Sebenarnya, beneran atau hanya perasaan kita saja sih saat merasakan lapar mata? Ternyata hal ini sesungguhnya ada dan bisa dijelaskan secara ilmiah lho.

Dilansir dari Scientific American, kita secara otomatis akan menaruh perhatian terhadap suatu hal yang bersifat baru dan berbeda. Ketika hal ini terjadi, area substantia negra atau ventral tegmental di otak akan aktif dan memunculkan efek lapar mata. Agar kantong tidak jebol ada baiknya kamu harus membedakan antara kebutuhan atau sekadar lapar mata.

BACA JUGA  Begini Reaksi Orang Asing Saat Mencicipi Durian, Kocak Sampai Ada yang Bilang Bau Kaki!

2. Jadilah pembeli yang sabar.

Kunci menjadi pembeli yang cerdas adalah tidak menyesali barang yang dibelinya. Salah satu caranya tentu dengan memaksa dirimu menunda keinginan kuat untuk membeli suatu barang. Gak perlu lama-lama, cukup tunggu hingga tiga hari ke depan atau lebih. Waktu yang kamu miliki itu bisa membiarkanmu merenung sesaat sembari menentukan layak atau tidaknya kamu membeli barang tersebut.

3. Jika barang yang ingin kamu beli benar-benar dibutuhkan, mending borong sekalian dalam jumlah banyak.

Karena biasanya ada harga spesial yang ditawarkan jika kamu membeli suatu produk dalam jumlah banyak seperti sabun, makanan, atau pakaian. Kalau barang tersebut memang sangat dibutuhkan, gak ada salahnya ngeborong, toh gak akan mubazir. Tapi jangan lupa cek dulu ya jika memang tersedia harga grosir untuk barang yang mau kamu beli.

BACA JUGA  Sylvi Kehabisan Waktu, Anies: Jadi Pertanyaannya Apa?

Belajar Forex