Tips Aman Ketika Gempa Datang. Jangan Panik! Lakukan 5 Hal Ini Agar Dirimu Tetap Aman Ya

Posted on
Gempa cukup besar kembali terjadi di Indonesia. Meskipun beberapa minggu terakhir gempa kecil terus muncul di berbagai wilayah Indonesia, gempa kali ini sangat mengejutkan masyarakat. Pada tanggal 7 Desember 2016 pukul 05.03 WIB, Aceh diguncang gempa dengan kekuatan 6,4 SR. Menyusul lima 5 kali gempa susulan dengan kekuatan yang lebih kecil. Pusat gempa berada di timur laut Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, dengan kedalaman 10 km. Walaupun gempa bumi tektonik ini tidak berpotensi Tsunami, akan tetapi gempa tersebut menyebabkan beberapa kerusakan. Tiang listrik tumbang, bangunan di sekitar lokasi gempa roboh. Bahkan gempa ini juga menelan korban luka maupun korban jiwa. 
Tahun 2016 ini, sudah banyak gempa yang terjadi di Indonesia, kekuatannya pun beragam. Dari yang kecil sampai yang menimbulkan kerusakan berarti. Selain menimbulkan kerugian material, gempa juga menimbulkan trauma bagi sebagian orang yang mengalaminya. Bencana alam memang tak pernah terduga dan kita pun tak pernah tahu kapan bencana akan terjadi. Akan tetapi, ada lima hal yang bisa kamu lakukan sebagai langkah antisipasi agar dampak gempa tidak terlalu fatal.

1. Bersembunyi di bawah meja

photo credit: jennesia
Jika kamu sedang berada di sebuah ruangan, masuklah ke bawah meja atau tempat tidur yang kokoh agar kamu tidak tertimpa barang-barang yang berjatuhan karena getaran gempa. Lakukan hal ini, sampai kamu yakin keadaan aman. Setelah itu, kamu harus keluar ruangan karena siapa tahu gempa susulan akan terjadi.

2. Carilah tempat yang lapang

photo credit: simomot
Saat gempa terjadi, jauhilah bangunan, pohon besar, tiang listrik, papan reklame dan sejenisnya. Carilah daerah yang terbuka dan lapang seperti lapangan bola dan sawah karena gempa yang kuat dapat merobohkan bangunan dan menumbangkan pohon. Oleh karena itu, apabila kamu berada di tempat terbuka, kamu bisa terhindar dari serpihan benda-benda yang berjatuhan. Bertahanlah di sana sampai guncangan berhenti dan keadaan sudah aman.

3. Jauhi persimpangan

photo credit: kumpulaninfo
Ketika kamu sedang di perjalanan, kendaraan akan sulit dikendalikan karena guncangan dari gempa bumi. Maka dari itu, untuk menghindari kecelakaan, hindari persimpangan. Untuk kamu yang sedang berkendara, hentikan kendaraanmu di tepi jalan. Usahakan untuk tidak memberhentikan kendaraan di atas jembatan atau jalan layang, karena bisa saja gempa membuat jembatan dan jalan layang roboh. Jangan lanjutkan berkendara sebelum dapat dipastikan bahwa gempa susulan tidak akan terjadi.

4. Menjauhi gunung dan pantai

photo credit: outsideonline
Beberapa gempa sering menimbulkan tsunami setelahnya. Jika terjadi guncangan dan melihat tanda-tanda tsunami, kamu yang berada di sekitar pantai harus cepat-cepat ke daerah yang tinggi. Jika kamu sedang berada di gunung, jauhilah tempat yang rawan longsor karena guncangan gempa tidak jarang menimbulkan longsor.

5. Tetap tenang dan jangan panik

photo credit: vivanews
Inilah yang terpenting saat terjadi gempa. Bersikaplah tenang dan jangan panik agar kamu dapat melakukan penyelamatan diri. Karena ketenangan dapat membuatmu tidak gegabah dalam penyelamatan diri dan juga akan membuat keadaan tetap kondusif. Ketika kamu tenang, kamu bisa melakukan hal-hal yang dibutuhkan dan menyelamatkan orang lain.
Gempa bumi yang terjadi dalam waktu berdekatan di berbagai wilayah ini terjadi karena adanya pertemuan antara lempeng daratan Eurasia dengan lempeng Samudra Hindia Australia. Lempeng Australia bergerak 5-7 sentimeter per tahun bahkan di utara Papua, lempengnya bergerak hingga 12 cm per tahun. Dalam waktu bertahun-tahun, lempeng tersebut patah, dan terjadilah gempa. 
Tapi kamu jangan terlalu khawatir dengan seringnya gempa yang terjadi belakangan ini, karena sebenarnya kebanyakan gempa tidak berbahaya. Apalagi, bumi membutuhkan gempa sesekali untuk menjaga keseimbangan mineral dan nutrisi dalam tanah karena gempa akan membuat material tanah terus-menerus didaur ulang di antara permukaan dan kerak bumi.
sumber : trivia.id

BACA JUGA  Yuk, Nostalgia di Konser Koes Plus

BACA JUGA  Aksi Mogok Nasional Bisa Persulit Pengentasan Kemiskinan

Belajar Forex