Sebut Jurnalis Foto Sebagai Buzzer, Pemilik Akun Facebook Ini Dipolisikan

Posted on


Kumpulan jurnalis foto yang tergabung dalam Pewarta Foto Indonesia (PFI) resmi melaporkan pemilik akun Facebook atas nama Eko Prasetia. Diberitakan Liputan6.com, laporan dilayangkan ke Polda Metro Jaya atas fitnah yang disebarkan Eko terhadap jurnalis foto lewat media sosial.

Laporan yang teregistrasi LP/147/I2017/PMJ/Dit. Reskrimsus ini memuat pelanggaran Eko pada Pasal 310 dan atau 311 KUHP tentang Pencemaran Nama Baik dan Fitnah. Eko pun akan dijerat dengan Pasal 27 ayat 3 UU RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Kronologi kasus pemfitnahan oleh Eko Prasetia.

Ketua PFI Lucky C Pransiska menyebut kalau saat sidang Ahok di depan Gedung Kementan ada seorang tidak dikenal yang tiba-tiba memotret dirinya serta teman pewarta foto. Mereka saat itu sedang menunggu jalannya persidangan di luar gedung. Lucky menyebut kalau pria tersebut berkata, "Ini tinggal wartawan nih yang belum difoto".

Lalu dengan santainya pria tersebut keluarkan ponsel dan memotret awak pewarta foto. Mereka pun sengaja menutup muka karena merasa risih dan tidak mengenal pria tersebut. Tanpa pengetahuan para jurnalis, foto tersebut justru dijadikan bahan berita tidak benar atau hoax dengan menyebut mereka sebagai buzzer atau pemilik akun palsu pendukung penista agama. Tak dijelaskan siapa penista agama yang dimaksud Eko. Namun, saat itu para jurnalis memang sedang melakukan peliputan sidang dugaan penistaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. 

Belajar Forex