Puteri Indonesia Maluku 2016 Meninggal, Ternyata Penyakit Ini Penyebabnya. Baca Cara Mencegahnya…

Posted on

maag vs asam lambung via www.bimaindonesia.co.id

Perbedaan sakit maag dan asam lambung seringkali masih membingungkan banyak orang karena memiliki efek yang sama, yaitu jaringan perut yang terasa nyeri.

Maag adalah keluhan penyakit akibat telah terjadi peradangan pada lambung sehingga menimbulkan sensasi rasa nyeri yang sewaktu-waktu bisa datang kembali. Sedangkan asam lambung adalah adanya dorongan kuat isi lambung untuk mengalir ke saluran kerongkongan yang menimbulkan rasa panas seperti terbakar dan mengiritasi area tenggorokan, jika nggak diobati segera akan menyebabkan komplikasi berupa keluhan kesehatan lain.

Meskipun gejala yang dialami hampir sama antara kedua penyakit ini, namun gejala yang dirasakan pada penyakit asam lambung lebih pada sensasi rasa terbakar di bagian dada atau nyeri ulu hati. Akibatnya, kamu akan merasa nggak nyaman setelah mengonsumsi makanan. Selain itu, mulut dan kerongkongan terasa nggak enak. Kamu juga akan mengalami rasa sakit dan kesulitan saat menelan makanan.

Nah, untuk menjaga keseimbangan asam lambung agar nggak semakin parah, lakukan langkah-langkah ini…

1. Mengatur pola makan; hindari makanan mengandung lemak, gula dan asam berlebih pemicu asam lambung serta mengatur porsi sesuai kebutuhan

hindari lemak dan minyak via www.drweil.com

Asam lambung mudah sekali dipicu oleh makanan yang mengandung lemak, gula dan asam. Makanan-makanan ini dicerna lebih lama oleh tubuh, sehingga lambung memproduksi asam lambung lebih banyak dan berisiko naik ke kerongkongan.

2. Olahraga memang dianjurkan, tapi hindari melakukan gerakan yang menekan perut

nggak usah sampai gini juga olahraganya via melonlifestyleco.ca

Saat berolahraga, hindari melakukan gerakan yang menjadikan perut tertekan, seperti gerakan peregangan, naik tangga, dan membungkuk. Waktu olahraga pun harus diperhatikan, jangan melakukannya ketika baru selesai makan. Berikan jeda waktu sekitar 2-4 jam setelah selesai makan.

3. Perhatikan pemakaian pakaian sekitar perut, usahakan nggak terlalu ketat agar perut nggak terganggu