Pemerintah Diminta Tetap Waspadai Isu Rush Money

Posted on

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah diminta tidak berlebihan dalam merespons aksi demo maupun isu ajakan menarik dana besar-besaran di bank (rush money) pada 25 November 2016.

Namun pemerintah diharapkan tetap dapat menenangkan masyarakat maupun investor.

Ini diungkapkan Pengamat Kebijakan Publik dari Universitas Indonesia (UI) Riant Nugroho, saat berbincang dengan Liputan6.com di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin (21/11/2016). 

Dia menilai, jika melihat dari kondisi ekonomi Indonesia, kinerja perbankan masih sehat dan aman, baik dari rasio kecukupan modal dan lainnya.

Dengan demikian, masyarakat tidak perlu takut dengan isu penarikan dana secara masif di bank.  “Masyarakat tidak perlu takut dengan rush karena secara teknis, faktual di atas kertas, tidak ada ancaman rush,” ujar Riant.

Dia hanya melihat, yang jadi masalah jika penarikan dana di bank terpicu karena ketidakpercayaan masyarakat dengan pemerintah maupun perbankan.

“Pemerintah tidak boleh gegabah dengan mengatakan tidak bakal ada apa-apa, karena semua aksi ekonomi adalah ancaman. Tapi pemerintah tetap perlu menyikapi dengan cermat dan bijaksana,” saran Riant.

Tinggalkan Komentar

Belajar Forex