Jangan BAPER Ya! 10 Jajanan Ini Pasti Bikin Kamu Kangen Zaman SD Dulu :)

Posted on
Generasi yang pernah merasakan era 90-an (1990-1999) tentu akan mudah mengingat beragam jajanan yang saat itu ramai dikonsumsi anak-anak.

Selain dulu harga makanan ringan masih sangat murah, jajanan ini pun sudah sulit ditemukan sekarang. Berganti dengan jajanan modern yang makin bervariasi.

Yuk, kita nostalgia 10 jajajan jadul tahun 90-an yang akan membuatmu kangen dan membangkitkan kembali kenangan terindah masa lalu di era tersebut.

1. Chiki Balls

japanesesnackreviews.blogspot.com

Chiki Balls adalah salah satu jajanan paling populer di tahun 90-an. Jajanan ini hadir dengan varian rasa coklat dan keju. Ada hadiahnya juga lho. Namanya tazos.
Mainan ini menjadi trendsetter di kalangan anak-anak pada masa itu. Mengumpulkan tazos setiap edisinya menjadi sebuah keasyikan tersendiri.

2. Nano-nano

onlinefoodgrocery.com

Nano Nano adalah permen unik yang memiliki rasa manis, asam, sekaligus asin. Mengulum permen ini betul-betul terasa ramai di lidah.
Ternyata, hingga kini pun, permen khas yang satu ini masih eksis dijual di berbagai warung, toko, hingga swalayan.

3. Mie Anak Mas

selipan.com

Ini dia salah satu jajanan yang paling laris di era 90-an. Cara makan mie kering ini yaitu harus diremas, lalu dicampur dengan bumbu.
Dulu mudah sekali mendapatkan Anak Mas. Namun, sekarang sudah mustahil mendapatkannya karena tidak ada lagi yang menjual, karena memang sudah tidak diproduksi lagi.

4. Telur Dadar Mini

masfikr.com

Sebenarnya, jajanan ini sama saja dengan telur dadar yang digoreng di wajan. Bedanya wajan yang digunakan berukuran sangat kecil dan lebih menyerupai sebuah cetakan kue cubit.
Diameter satu telur dadar ini kira-kira 4 cm. Satu porsinya berisi 4-6 telur dadar mini. Ketika makan, biasanya ditambah dengan saus berwarna oranye seperti saus mie ayam.

5. Telur Gulung

m.covesia.com

Jajanan ini merupakan variasi dari telur dadar mini. Bahan pembuatannya sama. Hanya saja cara membuatnya yang berbeda.
Telur yang sudah dikocok dituang pelan-pelan ke dalam minyak panas, lalu segera digulung dengan sebuah lidi sebelum kering. Saus pelengkapnya pun sama dengan yang digunakan ketika makan telur dadar mini.

6. Gulali Rambut Nenek

kakilima.porter.id

Tekstur gulali ‘rambut nenek’ ini menyerupai helaian-helaian rambut dan biasanya berwarna pucat seperti rambut nenek yang telah memutih.
Biasanya, gulali rambut nenek berwarna krem, merah muda, dan hijau, dan diapit oleh sejenis kerupuk yang bertekstur renyah.

7. Gulali Lolipop

skanaa.com

Bentuknya menyerupai permen lolipop. Bedanya, gulali ini bisa dibentuk macam-macam, bukan hanya bulat saja. Biasanya gulali ini hadir dalam dua warna: merah dan hijau, atau kombinasi antara keduanya.

8. Harum Manis

konsultasiusaha.com

Harum Manis juga sering disebut permen kapas. Permen kapas ini merupakan gulali dalam bentuk yang paling modern. Cara membuatnya pun menggunakan mesin.
Gula pasir diletakkan ditengah-tengah mesin, kemudian dipanaskan dengan api sambil diputar hingga tercipta jaring-jaring kapas.

Jaring-jaring kapas ini kemudian dililit dengan tangkai kayu hingga cukup besar lalu dibungkus dengan plastik. Harum Manis biasa dijual di sekolah-sekolah atau pada saat pasar malam.

9. Bakso Tusuk

lippocikarang.wordpress.com

Bakso tusuk atau cilok yang didominasi oleh tepung kanji ini disajikan dengan kecap dan saus khas abang-abang jajanan Sekolah Dasar (SD). Sampai sekarang pun jajanan jenis ini masih ada dan bisa ditemukan cukup mudah.

10. Es Serut

zonamakan.blogspot.com

Membuat es serut ternyata cukup mudah. Parut es, kemudian dicetak dalam wadah, disajikan dengan siraman sirup dan susu kental manis.
Meski terlihat sangat sederhana, ternyata seru sekali loh menyeruput es serut ini di siang hari setelah pulang sekolah atau ketika selesai bermain sepakbola bersama teman.

sumber : tandapagar.com

Tinggalkan Komentar

Belajar Forex