Fakta Unik: Udara Dingin Bisa Bantu Membakar Kalori Tubuh Lebih Cepat

Posted on


Banyak orang yang berpendapat, udara dingin meningkatkan nafsu makan. Gak heran jika kota-kota berhawa sejuk seperti Malang dan Bandung, terkenal akan kulinernya yang enak-enak dan diakui bisa bikin diet gagal seketika. Hawa nyaman, memang paling enak kenyangin perut sambil malas-malasan.

Namun ternyata, udara dingin justru bisa membakar kalori lebih banyak!

Berbalik dengan pendapat di atas, penelitian University of California-Berkeley justru mengungkapkan sebaliknya. Para peneliti menemukan protein yang dapat meningkatkan produksi lemak coklat alias brown fat.

Para peneliti telah mengenal adanya dua jenis lemak dalam tubuh manusia, yaitu lemak coklat (brown fat) dan lemak putih (white fat). 90 persen lemak dalam tubuh kita adalah lemak putih, yang mana merupakan 'musuh' untuk urusan melangsingkan tubuh karena lemak inilah yang seharusnya banyak dibakar.

Penelitian di laboratorium terhadap embrio tikus, menemukan bahwa bayi tikus lahir dengan jumlah lemak coklat yang lebih banyak. Apa yang membuat jumlahnya lebih banyak? Ternyata adalah paparan terhadap udara dingin.

Baca Juga: Curahan Hati Para Pejuang Diet yang Pengen Nurunin Berat Badan!

Lalu, apa pengaruh lemak coklat terhadap tubuh manusia?

Sesuai namanya, lemak coklat adalah jaringan lemak berwarna kecoklatan pada tubuh manusia. Lemak ini menghasilkan panas tubuh. Sayangnya, jumlah lemak coklat dalam tubuh manusia hanya lima persen saja. Itupun saat manusia baru lahir dan semakin berkurang seiring pertambahan usia. Padahal lemak coklat inilah yang berfungsi untuk membakar kalori dan menghasilkan energi.

Tinggalkan Komentar

Belajar Forex