Astaga, Ternyata Penyebab Tingginya Tingkat Kemiskinan di Indonesia adalah Karena Kredit Motor!

Posted on

Bagi masyarakat umum, kredit bisa menjadi sesuatu yang menggiurkan, apalagi kalau barang yang dikreditkan tersebut adalah kendaraan pribadi (motor). Namun dibalik kemudahan kredit apakah kalian sadar kalau hal seperti ini adalah penyebab orang Indonesia sulit keluar dari kemiskinan?

Dilansir dari Financial Inclusion Insights terdapat hal yang cukup mencengangkan yakni, masyarakat miskin cenderung memiliki jumlah sepeda motor lebih banyak dibandingkan masyarakat berpenghasilan menengah ke atas, What’s kok bisa?!

Jelas bisa dong, yuk baca ulasannya berikut ini…

1. Mayoritas masyarakat tidak paham finansial…

Mayoritas masyarakat menengah ke bawah memiliki keterbatasan pengetahuan finansial, seringkali menjadi sasaran empuk para sales sepeda motor, jadinya mereka kerap kali terjebak oleh marketing yang selalu mengiming-imingi DP rendah, padahal skema semacam ini justru membuat masyarakat terperangkap hutang dalam jangka waktu yang cukup panjang.

Kita asumsikan, DP sebesar Rp. 500 ribu, dalam kurun waktu 3 – 4 tahun mereka harus melunasi sepeda motor Rp. 5 – 6 juta lebih mahal daripada beli secara tunai. Harga yang sangat tidak ekonomis dengan jumlah bunga yang mencapai 25 persen.

Tinggalkan Komentar

Belajar Forex