7 Permainan Jadul Ini Pasti Bikin Kamu Kangen Masa Kecilmu Dulu :)

Posted on
porosbumi.com
 

Bagi kamu yang termasuk generasi 90-an ke atas pasti pernah ngerasain main mainan tradisional ini. Saat itu belum ada gadget. Mentok-mentok cuma nonton TV, itu aja sering rebutan sama nyokap yang lebih milih nonton Tersanjung. Nginget masa-masa itu emang kadang suka bikin kita jadi cengengesan sendiri ya. Apalagi waktu itu sering juga kita ribut-ribut hal sepele soal permainan itu. Seru deh. Nah, biar afdol yuk kita bahas aja satu persatu permainan tradisional yang sering kita mainin. Semoga juga adik-adik kita yang belum pernah ngerasain jadi tau jenis-jenis permainan ini. Kali aja jadi hidup lagi.

1. Egrang

bolanasional.co
 

Siapa disini yang pernah ikutan lomba egrang? Kalo pernah pasti kamu ngalamin yang namanya jari-jari kaki kamu sakit dan dengkulmu yang luka. Permainan ini dari bambu yang dibuat ada pijakan kakinya. Kita naikin egrang itu, terus main cepet-cepetan deh. Seru banget.

2. Congklak atau Dakon

mazuzie.blogspot.com
 

Kalo permainan ini sih udah ada versi digitalnya alias dalam bentuk aplikasi di smartphone. Mainnya gampang banget, kamu tinggal isi aja lubang-lubang yang tersedia dengan biji-biji yang digunakan. Main banyak-banyakan deh pokoknya.

3. Batu 7 atau 14

youtube.com
 

Ini intinya hampir sama kayak petak umpet, cuma ada medianya yang bikin yang “jaga” untuk gak sempet liat kita ngumpet dimana. Jadi kita cari batu atau pecahan keramik disusun 7 atau 14 tingkat. Kita ancurin deh terus kita ngumpet. Biarin aja si yang “jaga” ngeberesin bebatuan itu disusun lagi seperti semula. Nah, kalo kita bisa ngancurin susunan batu itu lagi permainan dilanjutin.

BACA JUGA  Aksi Demo 2 Desember, Efek Gas Air Mata bagi Kesehatan

4. Taplak

ciricara.com
 

Permainan ini juga seru banget. Kita membuat bagan taplak ini di jalanan atau di lapangan bulu tangkis biasanya. Terus kita pake batu untuk menyesuaikan kotak mana yang harus kita tuju. Seru deh!

5. Kelereng

permainan-tradisional.com
 

Biasanya anak laki-laki nih yang mainin ini. Kelereng disentil-sentil. Kalo kena, kelereng itu boleh kita ambil. Biasanya sih masing-masing pemain punya kelereng andalannya.

6. Ular Naga

permainan-tradisional.com
 

Masih ingat lagunya? “Ular naga panjangnya bukan kepalang. Berjalan-jalan selalu riang kemari. Umpan yang lezat itulah yang dicari. Ini dia-nya yang terbelakang.”

7. Lompat Karet

blograma.com
 

Nah permainan ini menuntut ketangkasan kamu dalam melompat nih. Karet disimpul-simpul membentuk seperti rambut yang dikepang. Terus kita melewati karet tersebut dengan dua cara. Ada yang boleh kena, ada yang gak boleh kenain karetnya. Awas keseleo ya.

BACA JUGA  Kisah Pilu ODHA Irwanto Harus Ceraikan Istri Tercinta karena HIV

Belajar Forex